#
Anda membaca...
Selular

HP Nokia 6120 Classic


nokia_6120_c.jpg

Sudah mencoba menggunakan HP Nokia 3110 Classic, sekarang gw mencoba menggunakan HP Nokia 6120 Classic ( Buat referensi lain bisa baca versi Indonesia atau versi English ). Ehmmm… kayaknya gw suka mencoba yang serba Classic nich! Tanya kenapa?

Setelah mencoba mengotak-atik HP Nokia 6120 Classic ini, dengan harga yang lumayan mahal antara 2 – 2,5 Juta ( Hiks, bagi kantong gw yang pas-pasan nich… ) gw menemukan beberapa persamaan dengan HP Nokia E50 ( yang gw sukai, tapi nggak jadi dibeli ). Hanya bedanya di HP Nokia 6120 Classic sudah support 3G – 3,5G dan HSPDA serta ada aplikasi Office yang sudah terintegrasi, sedangkan pada HP Nokia E50 memiliki Blackberry connectivity yang sudah terintegrasi.

HP Nokia 6120 Classic menggunakan sistem operasi Symbian OS v9.2, S60 release 3.1. Dengan memory internal 35 MB, dan mendukung memory eksternal ( MicroSD/Tranflash ) sampai 2 GB. Selain itu didukung oleh 64 MB SDRAM, 128 MB ROM, ARM 1, dan CPU 369 MHz sudah cukup buat dioprek-oprek nich! 😀

Cuma buat baterai, kayaknya Li-Ion 890 mAh (BL-5B) yang dipakai terlalu kecil kapasitasnya ( untuk banyak aplikasi yang feel so good di HP Nokia 6120 Classic ) bila dibandingkan dengan barerai Li-Ion 970 mAh (BL-5C) pada HP Nokia E50 atau baterai Li-Ion 1020 mAh (BL-5C) pada HP Nokia 3110 Classic. By The Way, kayaknya emang produk Nokia selalu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing produk nich! 😉

Terus gw cek di HP Nokia 6120 Classic yang gw pakai dengan kode *#0000# untuk mengetahui Firmware yang digunakan didapat data sbb :

V 03.70
25-05-07
RM-243
Nokia 6120C (B14.01)

Jadi, masih menggunakan Firmware dengan produk tanggal 25 Mei 2007 lalu. Maka harus gw upgrade dulu nich dengan Firmware yang terbaru kalau sudah ada! 😀

Oke, entar review oprekan selanjutnya akan gw publikasikan ya….

About devry

Just the way I am

Diskusi

28 thoughts on “HP Nokia 6120 Classic

  1. gimana ya caranya biar suara kamera nokia 6120 c pas di silent ga bunyi…mohon bantuannya…

    Posted by Lilin | 3 April 2009, 9:22 pm
  2. mas. Hp 6120 C saya matot ni. Permasalahannya kecebur k dlm gelas es juice. Trus saya buka dan keringkan sendiri (search uncle google). Trus restore softwarenya ke default. G ada mslh..tp setelah saya changer ( Off )… Ga mau Idup lagi. Bawa keservice center Nokia…..ga mau lagi mereka krn pernah Bongkar.Dpt diservice tp biayanya = beli HP baru :P… Alternative bawa ke service local…2 x nyerah____ ga bisa baiki :P.

    Posted by indra | 6 Maret 2009, 10:40 am
  3. Dengan kata lain, Nokia 6120 classic tidak bisa untuk Blackberry connectivity ..???, supaya bisa gimana caranya??? Thanks

    Posted by Lukman | 28 Februari 2009, 3:46 pm
  4. mas, nokia 6120 kok agak eror. Pas saya kirim sms,tiba2 ada razia Hp di skul. Dan lantas langsung saya matikan. Dan setelah saya hdupkan prtama kali, layarny menampilkan bintik2 warna warni seperti pasir, dan keluar Tlisan nokia seperti biasa. Itu kenapa ya mas kok bisa keluar bintik2 warna kayak pasir? Caranya biar normal lg gmn? Itu bahaya ga kalo dibiarin ?Masih garansi 11blan sih, tp tkutnya ngantri klamaan di nokia.
    Mohon dijawab ya mas, please. Aq tkut bgt nih hp rusak, wong ga jajan 3 bulan buat beli ni HP 😛

    Posted by andre | 17 Februari 2009, 9:50 pm
  5. y bgus 6120c lahh,jaooooh..n70 baru s60v2,,ne ud s60v3..n 6120c jg bs maenin N GAGE 2.0.kek n 95,n81 gt..tp musti d hacked dolo,,tp ajiib daahhh..suara kamera yg bunyi wkt d silent tnyta jg bs diakalin

    Posted by aheyy | 21 Desember 2008, 4:53 pm
  6. kalo secara umum/ secara keseluruhan 6120classic ma n70 ME bagusan mana kan harganya ga’ jauh beda…
    ditunggu jawabannya…
    thank’s 😉

    danoe_ab@yahoo.com

    Posted by danoe | 4 Desember 2008, 8:33 pm
  7. maksimum akses HSPDA nokia 6120 berapa seh.
    trus hp yang di jadiin modem aksesnya bisa cepet tapi hargannya yang bersahabat
    mohon info nya ya thanks guy’s

    Posted by ishal | 22 Agustus 2008, 2:45 pm
  8. mo berbagi pengalaman nih

    saya pemake 6120c kurang lebih dah 4 bulan,,
    pertama beli sh ada masalah ma pemutar musik nya ga mau muter lagu trs hape nya jd error total
    tp gue dapet solusinya, pas msk dari di media playr nya memori di cabut trs di masukin lagi..
    coba untk srch library nya.. udh.. lancar lagi seterus nya..

    trs pas bulan2 pertama nih hape sering error suaranya ga kedengaran baik suara lagu suara rington ato sms… musti dimatiin dolo br bisa muncul lagi..

    trs ada yg bilang ke gue klo mslh kek gt klo ngecharge hp hape hrs dlm posisi off.. gue coba dan ternyata berhasil nih hape ga pernah bermasalah lagi smp skrg..

    bulan2 pertama gue dah frustasi ma ni hape dah ada kepikiran buat di jual… tp skrg2 ini ni hape makin berasa bgt manfaat nya pa lagi koneksi internet nya yg kenceng.. gara2 itu gue pernah terselamatkan waktu regristrasi kuliah via web dan wkt nya dah mempet..

    overall yg pake 6120 yg bermasalah sabar aja…
    tar tuh hape bersahabat sdri kok..
    6120c good kok..

    Posted by Sinoridha | 30 Juli 2008, 2:02 pm
  9. Mas Devry dan teman2 lain..

    Tadi malam saya barusan beli N6120, tertarik karena HSDPA nya
    Nah tapi koq saya pake mau telpon gak bisa ada keterangan connection error. Saya coba utek2 kalau saya pilih GSM aja bukan dualmode bisa lancar… kan harusnya kalau dualmode otomatis memilih mana network yang aktif, benar begitu kan??
    Padahal di hp saya ada sinyal dan muncul tanda 3G. tp koq gak bisa buat telpon dan sms

    Apakah ada dr rekan-rekan yang mengalami nasib seperti saya? Saya mohon bantuannnya ya

    Posted by Yuda W Putra | 11 Juli 2008, 11:40 am
  10. saya punya masalah sma hp 6120 ni

    knp si pas saya masuk web tulisannya kotak2 smw?

    Posted by dear | 30 Juni 2008, 3:42 pm
  11. Sorry OOT …
    ada yang tau gak … mo aktifkan call barring telkomsel … password apaan ya …? dah pake 1234 , 0000, dll gak bisa … mo pake buat reject call dari nomor yang tidak dikehendaki nelpon ke hp gue … soalna di hp 6120c gak ada fitur buat call restriction … bisa usulin ke nokia gak ya buat masukin upgrade fitur ini di firmware yang akan datang …

    Posted by Dex | 3 April 2008, 1:00 pm
  12. @yoto

    Kalo mau referensinya, silahkan saja lihat di blog gw ini dech!
    Gw juga memberikan link2 yang berkaitan seputar oprek2 hp apa saja, koq! 😉

    Posted by devry | 24 Maret 2008, 2:25 pm
  13. Jah, komen gw ga ditanggepin euy.. yawdahlah, kalo ga mau bantu. gapapa.. lagian saya juga ga bisa kasih apa-apa kalo dibantu. paling cuma say thanks aja

    Posted by yoto | 24 Maret 2008, 9:49 am
  14. Hehehe. gw baru pake 6120 classic sebulanan lah… baru satu minggu music player gak bisa dipake terus dateng ke nokia care center dibenerin dah bisa lagi… firmware nya diupgrade jadi v3.83. BATERE NYA PAYAH… dan gw dah coba cek HSDPA nya bisa lihat laporan selengkapnya di http://www.kirimpesan.com/?p=219. IM application juga error gak bisa lihat contact list di situ 😦

    Posted by Plugie | 6 Maret 2008, 3:10 pm
  15. gw pake 6120c … cukup ok… tapi batrenya itu booo …. gak tahan lama (mesti dikasi ginseng kali ya … :).. palagi kalo dualmode nya ON … jadi kalo gak lagi butuh (perlu) gw matiin dualmode umts+gsm …
    ada batre pengganti yang Ampere nya lebih gede gak ya …??

    Posted by Dans | 12 Januari 2008, 7:45 am
  16. Mas Devry, saya mo tanya!
    Bagaimana cara ngupdate firmware Nokia 6120 Classic!

    Posted by Aprie | 5 Januari 2008, 5:24 pm
  17. @madan1a

    Buat alternatif di HP Nokia 6120 Classic untuk mengecek pemakaian energi supaya batterai lebih hemat, silahkan refer ke sini, Mbak! 😉

    Kalo buat musik emang lebih oke HP Nokia 3110 Classic, Nokia 6300, atau Nokia 6233, karena memang HP Nokia 6120 Classic lebih bagus dipergunakan sebagai ponsel kantoran dech! ( sama kayak Nokia E50 ).

    Posted by devry | 28 Desember 2007, 12:34 pm
  18. Nah tu dia batt yg kurang ok, mungkin ada saran batt alternatif buat ay yg juga pake 6120c?? nb tp kalo soal muziiekk masih kalah jauh dari 6233. Bener kan?

    Posted by madan1a | 27 Desember 2007, 9:47 am
  19. Thanks y all..

    Posted by Teranishi | 26 Desember 2007, 8:25 pm
  20. Sep bro, thanks..uda beres qo, pake forcebotloader..biarin dagh g ilang logo operatornya, daripada nti rusak lagi..
    Tinggal ganti2 icon niyh rada bingung, ama nyari S/W R373_G_0E.30.49R..ga sia2 begadang ampe masuk angin, bner dagh enak kalo learning by doing..^^

    Posted by Teranishi | 26 Desember 2007, 8:22 pm
  21. Uwawww…ini dia nih.. mas mas tolooooong… di blog saya banyak banget yang nanya seputar masalah handphone karena saya lumayan banyak nulis tentang handphone juga.. tapitapitapi.. saya banyak banget gak bisa jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan karena ilmu saya masih sekelumit banget.. tolongin saya dong.. mau gak? mohon bantu saya ngejawab pertanyaan-pertanyaan di blog saya, yoto.wordpress.com, ya… saya musti belajar banyak sama mas nih.. salam kenal dan termiakasih sebelumnya.

    Admin yoto.wordpress.com

    Posted by yoto | 26 Desember 2007, 5:07 pm
  22. @Teranishi

    Kalo ngga, biar ngga ngadat begitu HP-nya, coba di-flash ulang lagi aja. Baru kemudian dimodifikasi lagi, biar lebih enak ngoprek2nya, mas!

    Good Luck!

    Posted by devry | 26 Desember 2007, 4:15 pm
  23. konektifitas kabelnya ok mas, setelah gw edit logo operator remover pake skinner4moto..gw lupa resetnya nah dari situ mulai dagh troblenya, hp gw mati, gw coba nyalain lagi langsung mati..gw rasa siyh dari skinnya mungkin corrupt, tapi masa iy langsung nyedot lifetime battrenya..

    Posted by Teranishi | 26 Desember 2007, 3:28 pm
  24. Kalau konektivitas kabelnya bagaimana?

    Posted by Voucha | 26 Desember 2007, 2:56 pm
  25. Mas Devry, sory ni sebelumnya agak out of topik..gini mas, Hp gw motorola rokr e1, wktu itu pas mu edit buat logo operator remover, gw lupa tekan reset buttonnya..setelah gw cabut dari usb, Hp gw Matot (mati total)..nah gw cek pake dicharge, Hp gw battery lowbatt terus padahal dagh 7 jam gw charge..yang mau gw tanyain, ada ga mas reset code manual buat balikin ke skin awal etc..thanx b4..saya mohon dengan sangat mas bantu saia, alamat email saia..cumsoks@yahoo.com..terimakasih banget atas tips oprek mengopreknya..

    Posted by Teranishi | 26 Desember 2007, 2:26 pm

Tinggalkan Balasan

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1,288,438 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?

