#
Anda membaca...
Catatan

Andai Kata…


Kemarin bertemu dengan teman lama yang kebetulan berprofesi sebagai dosen yang mengajar di Fakultas Hukum. Karena lama tidak ketemu, gw dan teman gw berbicara dan bercerita ngalor-ngidul tentang apa saja. Mengenang nostalgi dari masa-masa sekolah dulu, sampai ke topik pekerjaan yang dijalani saat ini.

Hingga akhirnya pembicaraan mengacu kepada masalah hukum, gw menjadi pendengar setia karena memang background gw bukan bidang hukum. Jadi temen gw yang banyak bercerita tentang masalah hukum tersebut. Baik tentang hukum di sekitar kita, mata kuliah hukum, hingga tentang mahasiswa hukum yang diajarnya di kampus.

Bercerita tentang mahasiswa hukum yang diajarnya, gw sempat terkejut pada saat teman gw menceritakan tentang tingkah laku mahasiswa jaman sekarang. Akh… kalau bercerita tentang badungnya mahasiswa gw maklum-maklum saja ( maklum kita juga jaman masih kuliah dulu memang sama-sama badung juga, hi hi hi… ) :mrgreen:

Tetapi yang membuat gw terkejut bukan kepalang, adalah pada saat teman gw yang dosen Fakultas Hukum tersebut bercerita masalah mahasiswanya yang mencoba memberi suap agar nilainya bagus untuk mata kuliah yang diajarkan oleh teman gw yang dosen tersebut, karena tidak menyelesaikan tugas dan tidak mengikuti ujian semester. Teman gw tersebut mengatakan kepada mahasiswanya tersebut :

Karena anda mau memberikan amplop kepada saya, amplop ini saya terima tetapi saya kembalikan lagi kepada anda. Anda sebagai calon penegak hukum, seharusnya tidak melakukan cara-cara kotor dan tidak terpuji seperti ini. Kalau saya menerima pemberian anda dan saya memberikan nilai bagus kepada anda, sama saja dengan saya menjerumuskan anda kepada cara-cara yang tidak terpuji kepada anda di dalam hidup anda pada masa mendatang…

Dari hasil cerita dari temen gw yang seorang dosen Fakultas Hukum di sebuah kampus tersebut, gw masih merasakan apa itu idealisme yang ada. Dan ketika pulang sehabis bertemu tersebut gw merenung sendiri; Apakah hal yang terjadi pada teman gw di atas sering terjadi di kampus saat ini? Inikah menyebabkan hukum di negara ini sukar ditegakkan? Atau mungkin ada sebab-sebab lainnya? Andai kata… 😦

Hingga aku terus merenung sendiri di sini sambil terus berpikir…

About devry

Just the way I am

Diskusi

One thought on “Andai Kata…

  1. emang banyak yang begitu
    dosen saya sering cerita juga
    terutama untuk mahasiswa ekstensi (maaf..bukan untuk menggeneralisir kok 🙂 )

    Posted by wennyaulia | 14 April 2008, 11:39 pm

Tinggalkan Balasan

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1,287,095 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?

