#
Anda membaca...
Komputer

Tips dan Trik Mempercepat Koneksi Internet Modem CDMA (1)


Apakah kamu merasakan selama ini akses internet yang kamu lakukan mulai terasa lambat karena beban jaringan semakin padat?

Yang kita tahu bahwa selama ini pihak ISP hanya mengejar target pemasukan tanpa mempertimbangkan beban jaringan. Belum ditambah dengan kondisi infrastruktur komunikasi kita yang amburadulkah? :mrgreen:

Apa yang kita lakukan? Protes ke ISP hanya akan dianggap sebagai pemborosan waktu dan bikin pusing 7 keliling saja! Perlu kembali ditegaskan bahwa kebanyakan yang kita pakai dalam koneksi internet adalah menggunakan wireless, jadi tetap menganut hukum (rimba) yaitu: Posisi Menentukan Prestasi 😛

Artinya jika posisi kamu menguntungkan maka kamu akan memperoleh koneksi yang baik dan stabil. Sebaliknya jika posisi kamu tidak menguntungkan maka kamu sopasti akan mendapatkan koneksi yang buruk dan tidak stabil, atau malah belum tentu bisa melakukan koneksi ke jaringan internet. Jangan hanya mengandalkan sinyal saja, karena sinyal itu hanya penanda ada jalan. Jadi sinyal penuh bukan merupakan sebuah ukuran koneksi internet akan stabil dan lancar.

Jadi, bagaimana cara mempercepat koneksi internet mobile yang menggunakan modem CDMA (baik modem USB CDMA maupun modem HP CDMA) ?

Beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet yang menggunakan modem CDMA, secara umum dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu :

  1. Dengan menggunakan perangkat lunak, atau dikenal dengan istilah tweaking atau ngoprek.
  2. Dengan menggunakan perangkat keras, atau menambah perangkat lain untuk memperkuat sinyal modem.

[EPISODE I]

Pada bagian kisah cerita ini (he he he…), gw akan membahas cara yang pertama yaitu tweak koneksi dengan perangkat lunak, baik secara manual maupun instan. Sebelum melakukan browsing atau berselancar di internet dengan menggunakan modem CDMA, terlebih dahulu di PC atau laptop kamu baiknya sudah terinstalasi dengan browser Firefox. Mengapa Firefox? Karena dengan menggunakan browser ini, kita mudah mengkostumisasikan apa saja yang ingin kita oprek pada browser yang dipakai pada saat browsing untuk mempercepat akses internet.

Lakukan kostumisasi pada browser Firefox dengan menambahkan konfigurasi manual dan addons Firefox. Untuk yang secara manual, ketik about:config pada address browser Firefox, dan tambahkan konfigurasi pada kolom filter ketikan entry pipe sebagai berikut :

network.http.pipelining ( default false ubah menjadi true )
network.http.pipelining.firstrequest ( default false ubah menjadi true )
network.http.pipelining.maxrequests ( gantikan nilainya menjadi 100 )
network.http.proxy.pipelining ( default false ubah menjadi true )

Langkah terakhir adalah klik kanan pada area kosong pada lokasi konfigurasi, dan pilih perintah New – integer, ketikkan entry berikut ini :

nglayout.initialpaint.delay ( tekan enter dan masukan angka 0 )

Kemudian tambahkan addons untuk browser Firefox yang dapat dipergunakan secara gratis dan download saja langsung lalu diinstall di browser Firefox yang ada di PC atau laptop kamu 🙂

Instalasikan saja :

add on fasterfox
add on network tweak
add on add block plus
add on ultrasurf tool

dan lain-lain…

Sesuaikan saja dengan penggunaan yang kamu inginkan, karena banyak addons Firefox lainnya yang bagus dan oke buat ngoprek browser Firefox yang kamu pakai. Bandingkan browser Firefox standar dengan yang sudah dioprek. Bagaimana? 😀

[EPISODE 2]


Selanjutnya, coba pergunakan openDNS yang tersedia secara gratis, seperti :

  • OpenDNS ( List IP Public Name server/DNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 )
  • Google Public DNS ( List IP Public Name server/DNS: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 )
  • DNS Advantage ( List IP Public Name server/DNS: 156.154.70.1 dan 156.154.71.1 )

Selengkapnya baik DNS dari luar negeri maupun dari dalam negeri coba tanyakan aja pada rumput yang bergoyang, eh… dengan mbah Google, untuk dipakai pada setting DNS pada koneksi PC atau laptop yang secara default dinamis, kita ubah menjadi statis dengan menggunakan open DNS yang tersedia.

Nah, untuk mengetahui DNS mana yang sebaiknya kita gunakan pada koneksi modem CDMA kita, coba saja di test dengan menggunakan aplikasi NameBench. Btw buat yang memakai sistem operasi Windows XP kalau pada saat diinstall error coba download dulu C++ library pack di sini.

Dari hasil test tersebut akan diberikan hasil rekomendasi mana DNS yang sebaiknya kamu pakai buat koneksi internet dengan menggunakan modem CDMA tersebut. Nah, untuk hasil test yang gw coba dapat dilihat di sini.

Hasil test gw dengan memakai PC Intel Pentium 4 Processor 2,0 GHz + RAM 512 MB dari Speedtest.net hasilnya begini :

[EPISODE 3]

Lanjut di cerita cinta ngoprek berikutnya. Halah! 😉

Happy modding…

Iklan

About devry

Just the way I am

Diskusi

4 thoughts on “Tips dan Trik Mempercepat Koneksi Internet Modem CDMA (1)

  1. keren tipsnya

    Posted by rivan | 10 November 2010, 8:00 pm
  2. aq coba dulu yach… makasih!!!

    Posted by Qi yan | 10 November 2010, 1:28 pm
  3. You made some good points there.
    I did a search on the topic and found most people will agree with your blog.

    Posted by dufi | 8 November 2010, 8:30 pm
  4. salam kenal…..
    visit my blog at r4nd1b13.blogspot.com

    Posted by randi | 8 November 2010, 6:29 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1,287,453 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?

%d blogger menyukai ini: