#
Anda membaca...
Umum

Belajar Memahami dan Memperhatikan Tanda-Tanda Alam


Belajar memahami dan memperhatikan alam dengan pengalaman dan ilmu pengetahuan?

Kawasan Cincin Api ( Ring of Fire )

Tak dapat dipungkiri bahwa letak geografis negara kita Indonesia berada di kawasan Ring of Fire ( Cincin Api ) dimana ada sisi positif dan sisi negatifnya. Salah satu sisi positifnya adalah tanah air kita memiliki tanah yang subur yang sudah terkenal dengan hasil rempah-rempahnya sejak jaman dahulu kala hingga sekarang; dan salah satu sisi negatifnya adalah rawan terhadap bahaya gempa (bumi), kecuali wilayah pulau Kalimantan yang relatif aman (jarang terkena gempa).

Peta Zona Gempa Indonesia ( Kementrian Pekerjaan Umum )

Gempa Tektonik

Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh patahan atau pergeseran lempeng di dalam bumi. Dimana Indonesia termasuk dalam kawasan lempeng Indo-Australia yang bertemu dengan lempeng Eurasia.

Gempa Bumi di Indonesia

Lempeng Indo-Australia dengan luas 60 juta km2 bergerak ke arah Timur Laut setiap tahunnya dengan pergerakan rata-rata 60-70 mm per tahun. Kemudian di wilayah sisi barat daya Sumatera, di selatan Jawa dan Bali dan berakhir dekat benua Australia merupakan kawasan Sunda Megathrust sepanjang 5.500 km yang merupakan satu struktur yang paling aktif dengan aktifitas seismik di dunia. Aktivitas seismik inilah yang meyebabkan terjadinya patahan Sumatra ( Great Sumatra Fault ) sepanjang bukit Barisan dan siklus gempa besar setiap 200 tahun, kecuali satu bagian dari megathrust bawah pulau Siberut ( kepulauan Mentawai ) tidak pecah selama 200 tahun, dan bisa jadi hal ini juga disebabkan karena terpeleset ( slip ) serta dapat menyebabkan suatu gempa besar ( ? ) ❓

Zona Gempa di Sumatera

Untuk aktivitas gempa tektonik di patahan Sumatera ini tidak menyebabkan tsunami, kecuali jika gempa tektonik terjadi di dalam laut sepanjang pesisir Barat Sumatera (diduga) bisa menyebabkan tsunami.

Gempa Vulkanik

Gunung Berapi di Indonesia

Gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan karena terjadinya aktivitas magma yang menyebabkan erupsi gunung berapi. Ini dapat diketahui karena banyak gunung berapi umumnya ditemukan di mana lempeng tektonik yang divergen atau konvergen, terutama dalam kawasan Ring of Fire.

Buku tentang Letusan Gunung Krakatau

Salah satu contohnya adalah di negara kita Indonesia banyak terdapat gunung berapi aktif, dan salah satunya yang fenomenal adalah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Pra Sejarah Krakatau 1883

Jadi kita harus lebih banyak belajar memahami dan memperhatikan ( tanda-tanda ) alam yang penuh dengan segala misterinya, bukan? Tetapi bagaimanapun juga, misteri alam adalah tetap menjadi rahasia Yang Maha Kuasa…

Iklan

About devry

Just the way I am

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1,287,095 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?

%d blogger menyukai ini: