#
Anda membaca...
Komputer

Berbahayakah Menggunakan TinyURL?


Berbahayakah jika kita menggunakan alamat TinyURL dan sejenisnya?

HTTP shortURL

Sebelumnya akan gw bahas apa itu TinyURL [shortURL]? TinyURL [shortURL] adalah : layanan online yang digunakan untuk mengurangi panjang URL atau lebih singkatnya URL yang disingkat/dipendekkan.

Banyak aplikasi Web yang lebih kompleks terutama dengan sistem database dan URL yang dipakai dapat memiliki beberapa parameter seperti sesi, nomor id, nomor halaman dan banyak lagi yang lainnya. Pada saat kondisi yang sama, kita sedang menggunakan layanan yang membatasi ukuran pesan ( seperti halnya: Twitter ) atau ponsel cerdas yang tidak dapat melayani karakter untuk teks yang panjang dengan penulisan URL yang sebenarnya. Untuk itu URL harus dipersingkat/diperpendek berdasarkan pada perangkat yang terbatas dengan karakter acak alfanumerik dan ditangani oleh banyak website layanan shortURL yang tersedia di internet.

Ketika kita mengaksesnya, hal tersebut akan mengarahkan kita pada alamat URL yang sebenarnya ( cara yang umum dalam internet adalah dengan menggunakan kode request HTTP 301 ). Contohnya: dengan mengakses http://tinyurl.com/27jm3go, kita akan diarahkan ke situs ini. Sangat sederhana dan keren. Tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi user.

Tetapi tidak semua orang yang menggunakan tinyURL [shortURL] adalah orang yang baik-baik. Bisa saja cracker, orang jahat atau orang iseng yang memberikan tinyURL [shortURL] untuk semua user yang menggunakan layanan tinyURL [shortURL] dengan memasukkan alamat URL yang berisi kode jahat ( virus, malware, trojan, dll ) 😈 atau konten pornografi πŸ‘Ώ , misalnya seperti pada contoh berikut ini:

http://www.sampel.com/script/sampelvirus.txt.vbs
http://www.sampel.com/malware/sampelmalware.txt.js
http://www.sampel.com/file/gambarseru.txt.jpg
ftp://ftp.sampel.com/ftp/sampeltrojan.doc.bat
smb://share/directory/sampelvirus.txt.exe

dan lain-lain.

Untuk itu perlu waspada dan hati-hati terhadap tinyURL [shortURL] yang tidak jelas asal usulnya, terutama bagi kita yang notabene adalah user pengguna internet ( dalam hal ini dalam sisi client yang mengakses melalui browser internet) dalam menggunakan tinyURL [shortURL] dan sejenisnya ini.

Nah, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan layanan decode tinyURL [shortURL] yang mengekstrak URL yang disingkat/dipendekkan tadi menjadi alamat URL yang sebenarnya, pada situs : Untiny dan banyak layanan decode lainnya yang sejenis bisa ditanyakan pada cewek cakep anak kost sebelah… eh, search aja di Google donk! πŸ˜†

Dengan menggunakan Untiny kita bisa mengekstrak tinyURL [shortURL] supaya lebih jelas alamat URL yang diberikan pada konten suatu situs tertentu di internet. Bisa dengan memasukkan alamat tinyURL [shortURL] melalui browser di situs Untiny atau bisa juga dengan menambahkan kode seperti ini :

http://untiny.me?url=[shortURL]&show=y

pada alamat browser secara langsung. Contohnya dari contoh diatas tadi sehingga menjadi :

http://untiny.me?url=http://tinyurl.com/27jm3go&show=y ( lihat di sini )

Untuk cara lainnya bisa juga menggunakan decode tinyURL [shortURL] addons Firefox seperti : GreaseMonkey dan untuk script addons decode tinyURL [shortURL] GreaseMonkey bisa di-download di Usercripts sedangkan kalau kamu mau mempelajari scripting-nya bisa dilihat di Source Code Userscripts.

Nah, bagaimana cara menggunakan addons Firefox untuk decode tinyURL [shortURL] ini?

Yach, silahkan dioprek-oprek sendiri dech biar kamu lebih kreatif, Oke! :mrgreen:

Semoga bermanfaat πŸ™‚

Iklan

About devry

Just the way I am

Diskusi

3 thoughts on “Berbahayakah Menggunakan TinyURL?

  1. Nice post bro. bener tuh kadang spammer atau virus jg banyak menggunakan layanna short url.

    tapi sebenernya script Short URL saya di cektkp.com juga ada fasilitas extract short url built in,
    malah bukan cuma tinyurl tapi hampir semua layanan Short url.
    hehe
    silakan dicoba di cektkp.com

    Posted by takien | 26 November 2010, 12:09 pm
  2. Saya jarang menggunakan tiny url, namun postingan ini mengingatkan agar saya waspada jika suatu saat memakai tiny url… Terima kasih, sangat informatif.

    Posted by muhyasir | 24 November 2010, 6:56 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1,287,453 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?

%d blogger menyukai ini: