#
Anda membaca...
Selular

Browsing di PC dengan Modem HP Nokia 3230


Kalo mau browsing internet di HP pakai Opera memang sudah cukup oke, kalau kita cuma mau membaca informasi-informasi penting. Tapi ada kelemahan, yaitu tampilan layarnya kecil banget 😉

Jadi kalo pas di rumah, trus hp lagi ada pulsa, gw suka juga menjadikan HP Nokia 3230 sebagai modem GPRS supaya bisa browsing internet di laptop Axioo gw. Untuk cara-cara settingnya ngga terlalu sukar. Yang penting sim card kita sudah terdaftar di layanan GPRS provider masing-masing yang digunakan. Kebetulan gw pakai sim card Simpati Telkomsel ( maaf, bukan promosi ya! ).

Untuk peralatannya yang jelas HP sudah support GPRS ( kelas 10 ke atas kalo bisa supaya kenceng koneksinya, support EDGE lebih bagus lagi ), kabel data ( bluetooth juga bisa, cuma gw rokemandasikan lebih baik kabel data, tanya kenapa? ), sim card yang sudah teregistrasi sebagai pengguna GPRS, sama PC atau Laptop. Oh ya, untuk GPRS sim card Simpati Telkomsel settingnya gunakan user name : wap, password : wap123, nomor dial : *99***1#

Oke, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Screenshot (1)

Gambar 1 : Sebelumnya install dulu drivers kabel data yang digunakan ( gw pakai DKU-2 untuk HP Nokia 3230 ) , drivers modem untuk HP, dan software manager handphone ( gw pakai Nokia Phone Manager ) , sesuai dengan tipe HP masing-masing yang kamu pakai.

Screenshot (2)

Gambar 2 : Sesuaikan tipe koneksi yang digunakan, menggunakan kabel data ( disarankan ), bluetooth, atau irDa.

Screenshot (3)

Gambar 3 : Buat shortcut dial-up yang akan digunakan di PC/Laptop pada Network Connections pada Windows XP ( pakai Linux sama, cuma beda tools aja ).

Screenshot (4)

Gambar 4 : Setting properties modem yang digunakan untuk akses GPRS.

Screenshot (5)

Gambar 5 : Koneksi ke GPRS dengan user name, password, dan nomor dial, sesuai dengan sim card yang digunakan.

gprs6.jpg

Screenshot (6)

Gambar 6 : Koneksi telah tersambung sesuai dengan card masing-masing ( gw pake GPRS Simpati Telkomsel, speed 460,8 Kbps saat buat tulisan ini ).

Trus ada tips, kalo buat download… kenceng banget pakai koneksi GPRS, dan kalo mau browsing jangan lupa disable aja fitur multimedia ( gambar, musik, video, flash, dll ) di browser yang dipakai ( baik Internet Explorer, Firefox, Netscape, Opera, dll ) supaya data yang di-loading ngga terlalu besar. Dijamin bakal hemat dech pulsa 😀

Ehm… ngga begitu sukar kalo mau pakai internet dimanapun, bukan? 😉

About devry

Just the way I am

Diskusi

75 respons untuk ‘Browsing di PC dengan Modem HP Nokia 3230

  1. mas hanphon ku ga aktif gprsnya, gimana yah ..hp nya nokia 3230

    Posted by edwin | 5 Juli 2008, 10:10 am
  2. Mas mau tanya, kalau Nokia 3110 Classic bisa di jadikan Modem nggak ya?

    Posted by prayogo | 1 Juli 2008, 3:46 pm
  3. Waduh kalo aku si pakai SE 200i sim IM3
    PC suit dah diìnstal dikomputer tuh.. tapi ga bisa jg
    emang si komputer dah baca moden SE W200i
    Bahkan drivernya jg dah ok..
    tapi blum mau konek jg..
    sampe pusing nih..
    tlg dong bantuanya

    Posted by Agus | 23 Juni 2008, 1:29 pm
  4. mass…salam kenal..maaf nie..kalo classic 311o sama juga gak caranya..aku fail terus pake pc suite :)..tq ya

    Posted by ze | 21 Juni 2008, 8:04 pm
  5. bagusan pakai bluethootnya rokr E1 udah ringkas cepet lagi…!!!!!
    karena aye udah pakai bluethoot and ngak ribet.

    Posted by ivan | 18 Mei 2008, 9:49 am
  6. mo nanya ..ya ..
    gw udah bisa connect tapi koq ga’ bisa browsing ya…
    kenap ????
    gw pake’ sonny ericsson T630, dan utk connect nya pake’ bluetooth.

    thanks

    Posted by widodo | 18 Mei 2008, 8:11 am
  7. simpel sy tertarik ntuk coba, diperangkat aku, hp nokia 3230 simpati, lap top toshiba A-80, mudahan2 sukses

    Posted by arifin | 4 Mei 2008, 11:03 am
  8. hp gw Sony ericsson k700i, dr beli g ad kabel datanya…
    klo koneksi ke kompie pke bluetooth bs g buat modem????
    bls nyah…bayu_sampangan@yahoo.com

    Posted by bayu | 1 Mei 2008, 3:46 pm
  9. @All

    Untuk menjadikan Nokia 3230 sebagai modem sebaiknya pergunakan kabel data DKU-2. Dan untuk koneksi yang dipergunakan sebaiknya sesuaikan dengan setting operator yang kamu pergunakan, supaya koneksi bisa dilakukan dengan baik. OK! 😉

    Posted by devry | 25 April 2008, 3:30 pm
  10. mas software pa ja ya buat hp 3230 ku di jadiin modem..
    makcieh

    Posted by imanudin | 24 April 2008, 12:35 pm
  11. kalau kita browsing dari internet lewat hp, kira2 berapa ya pulsa habis dalam sejam?

    Posted by parlin silaen | 22 April 2008, 3:57 pm
  12. Mas,devry saya juga pke nokia 3230. Saya coba koneksi sbg modem menggunakan kabel data CA-53 dan nokia pc suite 6.58,tp tdk bisa. Lalu kata teman,harus pke usb to serial converter,dan akhirnya bs. Tp beberapa lama kemudian koneksi putus dan sampe sekarang ga bisa konek lagi. Mohon bantuannya mas.. Kalau saya beli dku-2,apa disertakan cd driver kabel datanya? Satu lagi,driver modem 3230 yg di site nya nokia tdk ada untuk usb,dan ekstensinya [dot]inf,gimana nginstalnya? Dimohon sekali bantuannya,saya udh stress. Hampir saja n3230 nya saya banting kalau ga inget dapetinnya mengorbankan keringat,darah dan cinta…

    Posted by Widy | 9 April 2008, 6:12 pm
  13. ass. aq udh connect pke hp 3230..
    msalahnya lmbat banget klw mo brwosing.
    dri spek kompter udh ckup besar P4 Ram 512.
    bs kasih solusi terbaik gk gmana cranya cepetin koneksinya…
    rply
    e- mail ian_dop@yahoo.co.id

    Posted by ian | 24 Maret 2008, 3:35 pm
  14. Assalamualakum w w
    Pagi Mas Devry, kasi link tutorial bikin Bluetooth modem(HP Moto Rokr e1) buat PC domk?. Dulu pernah nyambung 1x tapi setelah PCnya diinstall ulang (XP Media Center), ngak mau lagi tuch.
    sebelumnya
    Thanks Braat!!!

    Posted by Hasnul_M | 7 Februari 2008, 7:52 am
  15. Mas Devry, saya pake provider Im3… saya udah coba *99***1# tapi masih ga bisa. username dan password sudah saya setting. tapi masih ga bisa konek… mohon pencerahan..

    Posted by Adie Crawl | 5 Februari 2008, 8:58 am
  16. mas, saya juga tertarik nih, soalnya notebook saya juga axioo…
    dan Nokia 3230 rasanya cuma berguna buat sms doang. kan enak kalo bisa internetan…kalo minta tolong ke tempat servis Nokia mereka mau bantu gak ya??

    Posted by jay | 5 Januari 2008, 1:00 am
  17. mas, tolong kasih tau settingannya lebih detail lagi dong. kok saya dah coba pake 3230 saya sebagai modem belum bisa juga ya???
    padahal udah di setting persis kayak di atas. oh ya, saya pake kabel data DKU-2 kartu IM3. kalo brwosing pake hpnya sie gak ada masalah…..tolong dong, kirim ke email saya ya…THNK B4

    Posted by rasti | 2 Desember 2007, 5:53 pm
  18. aku pake N3230 ni..hmm,cari software pendukungnya biar bisa online di kompi ma di hp na sendiri gimana…please yg detil yahh….thz before…^^

    Posted by tata...^^ | 30 November 2007, 10:38 am
  19. @jayuz

    Kalo di Nokia 3110 Classic bisa pakai EDGE. Kalo di N3230, saya blom coba kemarin2 😉

    @Julis

    Coba liat di Nokia.com, kan disitu lengkap kabel data apa aja yang support Ponsel2 terlentu. Semua simcard bisa buat GPRS, asal sudah aktif dan di lokasi/daerah kamu sudah support aksesnya. No prolemo, mas! 😀

    @iondra_soulas

    Coba refer ke Nokia.com langsung, atau bisa search pakai Google, mas 😉

    Posted by devry | 21 November 2007, 1:37 pm
  20. beri tau donk linknya buat download driver modem n pc suitenya nokia 3230
    thank’s before

    Posted by iondra_soulas | 15 November 2007, 2:40 pm
  21. Nice touch!
    Kira2 n6600 bisa jg gak ya? Soale gak ada support cable data!
    Gimana kalo pake im3?
    Secara tarif tsel jauh bgt diatas isat (12x lipat mak!)
    tanggapannya ditunggu ya saudara! Tq
    regards

    Posted by Julis | 9 November 2007, 6:18 am
  22. ngaktifin edgenya gimana sih? udah pernah dapet koneksi EDGE blon pak?

    Posted by jayuz | 17 Oktober 2007, 12:41 pm
  23. @agus

    Silahkan refer ke situs Nokia, dan download driver dan software yang sesuai dengan type hp Nokia yang kita gunakan. Pengalaman gw selama pakai N3230 dengan kabel data USB DKU-2 dan N3110 Classic dengan kabel data Mini USB, bisa digunakan semua koq untuk pakai internet baik di HP dengan Opera Mini maupun di PC sebagai modem. Just try it & good luck, guys! 🙂

    Posted by devry | 11 Oktober 2007, 1:26 pm
    • Dear devry,

      saya minta saran mas Devry, tolong jabarin cara connect internet pake hp nokia 3230.
      saya udah coba pake sim card simpati & sim card IM3 tp ga bs jg, saya udah coba lagi pake kabel data Usb KDU 2 tp gak bisa2 jg. mohon balasannya mas.
      Thanks sblmnya…

      wassalam

      Ean

      Posted by ean_77 | 25 April 2009, 9:58 pm
  24. saya mau tanya, saya juga pake Nokia 3230. Saya udah install modem drivernya, saya download dari internet, tapi tetap ga mau connect jg ke internet. Pesennya sih dia ga baca ada modem, padahal di control panel -> Phone And Modem Options sudah ada Nokia 3230 Modem.
    Bisa minta tolong ga kalau ada driver untuk hp nya, kamu install modemnya pake driver apa, takutnya driver yg saya download salah atau ga bener.

    Thanx a lot yah.

    Posted by agus | 11 Oktober 2007, 10:45 am
  25. Informasinya lengkap dan simpel, trim’s 🙂

    Posted by kotamobagu | 4 Oktober 2007, 5:26 am

Tinggalkan komentar

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1.315.897 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?