#
Anda membaca...
Komputer

5 Tips Untuk Membuat Password Yang Aman?


Bagaimana cara membuat password yang aman?

login_password

Login Password

Cracker atau bisa disebut juga Black Hacker mempunyai berbagai macam cara dan triks untuk mendapatkan password ( kata sandi ) dari berbagai macam akun yang ada di internet. Apalagi banyak tools hacking yang sudah tersedia secara gratis di situs-situs underground. Koq bisa begitu? Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan password cracking dari data-data penting yang notabene merupakan data personal dari siapa saja yang mempunyai akun di internet. Baik berupa data akun perbankan, atau yang lainnya yang sangat beresiko jika tidak terproteksi secara baik. Bisa karena kecerobohan atau ketidaktahuan seseorang akan keamanan data ( security ).

Nah, bagaimana cara membuat akun dan memproteksinya dengan baik agar tidak mudah ditebak secara social engineering ( seperti : nama kecil, nama pacar, tanggal lahir, hobby, dll ) atau dapat di-crack dengan mudah? Berikut ini ada 5 ( lima ) tips yang dapat dipergunakan, pada saat kita membuat password di internet. Baik untuk akun email ( seperti : Yahoo!, Gmail, Hotmail, dll ) , akun jejaring sosial ( seperti : Facebook, Myspace, Friendster, dll ), atau akun-akun lain yang akan kita pergunakan sebagai login di internet, atau akun pada PC/Laptop pribadi ( seperti : login OS, login BIOS, dll ).

  1. Pergunakan password ( kata sandi ) dengan menggabungkan huruf besar dan huruf kecil secara acak. Misalnya : rembulanmalam menjadi ReMBuLaNMaLAm, atau sweetheart menjadi SwEEtHeaRt dan sejenisnya.
  2. Membuat password dengan memasukkan angka pada huruf yang sesuai secara acak. Misalnya : rembulanmalam menjadi 73m6ul4nm4l4m, atau passwordsaya menjadi P455W0RdS414 dan sejenisnya.
  3. Membuat password dengan memasukkan simbol atau space ( jika memungkinkan ). Misalnya : rembulanmalam menjadi R3MBuL@nM@L@m, atau passwordku menjadi P@55W0Rd_Ku dan sejenisnya.
  4. Cara lain membuat password dengan aman adalah dengan membuat kombinasi 2 ( dua ) kata atau lebih secara acak, tetapi harus bisa dihapal dan diingat dengan baik. Misalnya : rembulan + malam menjadi remmabullaman, atau password + ku menjadi pasworskdu. Dikombinasikan dengan 3 ( tiga ) cara diatas menjadi lebih baik lagi asal daya ingat bagus! :mrgreen:
  5. Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa akun yang berbeda. Karena dengan mudah dapat diakses jika password tersebut diketahui oleh orang yang tidak berhak. Jadi keamanan akun kamu di internet atau PC/Komputer ada ditangan kamu sendiri dech, sebagai administrator bagi diri kamu sendiri… he he πŸ˜†

Dan jangan pernah lupa untuk signout atau logout dari setiap sistem yang menggunakan login akun, ya! Btw, Ada yang mau menambahkan lagi barangkali? πŸ˜‰

About devry

Just the way I am

Diskusi

12 respons untuk β€˜5 Tips Untuk Membuat Password Yang Aman?’

  1. thank infonya mas..
    salam knl..

    Posted by alfi | 30 September 2010, 11:15 am
  2. pasword yang kuat sangat penting banget, gara2 paswrd mudah ditebak, web saya kena hack langsung 3 buah.. hiks hiks

    Posted by vio | 21 Februari 2010, 7:12 am
  3. okee siap gan…………

    Posted by faris vio | 21 Februari 2010, 7:10 am
  4. ada ga program pembuka password game online??

    Posted by Boyz | 19 Desember 2009, 10:17 am
  5. Salam kenal….
    saya mau minta informasi mas….
    saya punya laptop acer aspira 4520 mengalami kerusakan yang akhirnya laptop tsb tidak dapat beroperasi lagi. Power hidup tapi tidak mau muncul windows dan menanyakan passwordnya. Sedangkan passwordnya saya lupa. Gimana cara untuk membuka password yang lupa dan apa solusinya.
    Atas bantuannya diucpakn terima kasih

    Yono

    Posted by suyatin | 14 Desember 2009, 9:50 am
  6. Nice info nih…
    thx ya mas artikelnya.

    Posted by romantisme | 8 Maret 2009, 11:02 pm
  7. salam kenal, semoga usaha Anda sukses..
    artikel anda sangat menarik untuk diperbincangkan, semoga tips dari Anda dapat bermanfaat untuk segenap orang yg membacanya.
    tetap semangat

    Jika berkenan berkunjung ke blog linus fans.
    Sudah tahu Linus Airways?
    Perusahaan penerbangan baru yang menerbangi beberapa wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

    Saat ini dari Jakarta – Palembang-Batam-Pekanbaru-Batam-Medan.(PP),
    Jakarta-Tanjung Pandan-Jakarta-Pangkalan Bun-Semarang- Pangkalan Bun- Jakarta.
    Untuk info lebih lanjut 021. 6220 3755

    Dalam waktu dekat ini akan membuka Route baru Bandung-Palembang (PP) akan sangat menyenangkan jika Anda mau menyebarkan informasi ini ke segenap rekan Anda.

    Semoga persahabatan kita bisa berlanjut ke dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.
    Sukses selalu buat Anda.

    e-mail: linus.fans@yahoo.com
    htpp://linusfans.wordpress.com
    http://www.linusairways.co.id

    Posted by linusfans | 25 Februari 2009, 1:13 pm
  8. Wah, berguna banget nih tipsnya. Salam kenal, mas. Main yuk ke blog aku.

    Posted by alris | 25 Februari 2009, 6:21 am
  9. ada ga tips yang laen gicuh!

    Posted by nia | 20 Februari 2009, 12:44 pm
  10. 6. Ganti password secara berkala. πŸ™‚

    7. Jangan kasih tahu password ke pacar. Gawat kalo putus. πŸ™‚

    Posted by Zhang | 19 Februari 2009, 6:03 pm

Tinggalkan komentar

Other Languages?

Tentang Blog Ini?

Semua tulisan sederhana pada blog ini merupakan tulisan personal bersifat Open Source. Terbuka bagi semua netter untuk pembelajaran kita bersama. Terutama bagi netter yang suka membaca, mencari dan menambah informasi serta wawasan yang membuka cakrawala dunia di internet. SEMOGA BERMANFAAT...

Total Track?

  • 1.315.874 visitors

Sharing This Blog?

Info Track?